BOOTSTRAP

METODE BOOTSTRAP
Bootstrap adalah suatu metode yang dikembangkan pertama kali oleh Brad Efron dengan tujuan menaksir parameter (standard deviasi, Confidence Interval, uji hipotesis, bias) suatu data sampel yang berukuran kecil. Jumlah sampel yang kecil sangat rawan mengakibatkan parameter yang didapat bias, under estimate atau over estimate. Terdapat 2 macam bootstrap yaitu non parametrik dan parametric bootstrap perbedaa terletak pada asumsi, parametric bootstrap memiliki asumsi/informasi mengenai data awal baik berupa distribusinya dan parameternya sedangkan non parametric bootstrap tidak memiliki asumsi tersebut. Jika asumsi distribusi yang di berikan benar maka non parametric bootstrap akan lebih baik dan berlaku sebaliknya bila asumsi salah maka nonparametric bootstrap akan lebih baik. Selanjutnya dalam tulisan ini bootstrap yang digunakan adalah bootstrap nonparametric.
Konsep dari metode ini adalah re-sampling (sampling ulang ) data asli sebanyak N dengan pengembalian yang diulangi sebanyak B kali. Ukuran B adalah terserah pengguna metode karena tidak terdapat ukuran yang pasti. Dari suatu sumber dijelaskan ukuran B=25 sudah cukup bila hanya dalam taraf member informasi, B=50 sudah cukup untuk mengestimasi Standar Deviasi secara kasar, sedangkan untuk mengestimasi Confidence Interval nilai B dianjurkan lebih dari 500 atau B=1000.
Untuk metode lebih lengkap, hub saya…

14 komentar:

  1. saya sangat tertarik dengan bootstrap
    bisakah Senja beritahu lebih banyak ke saya
    bgmn perhitungan secra teoritisnya?
    mohon bantuannya,saya sangat butuh metode ini
    email saya di march.dian@yahoo.co.id

    BalasHapus
  2. nja,,
    g pengen mbahas bootstrap yg 1populasi ta,,

    BalasHapus
  3. k' senja, sy mau tahu lebih banyak mengenai metode ini. tlg email k
    keepfight_inlife@yahoo.co.id
    oy, apakah metode bootstrap sama dengan balanced bootstrap?

    BalasHapus
  4. Menarik..bisa di emailkan ke : rinaldi.anwar2009@gmail.com mengenai bootstrap ini.

    Tks

    BalasHapus
  5. saya sangat tertarik dengan bootstrap kebetulan saya lagi penelitian tentang aplikasi bootstrap pada uji goodness of fit. mohon bantuannya, saya sangat butuh metode ini. email saya di Rahma2254@yahoo.com.
    makasih.....

    BalasHapus
  6. kak senja saya mau tahu lebih banyak tentang bootstrap terutama aplikasinya pada uji goodness of fit. tolong email ke Rahma2254@yahoo.com.
    thanks...

    BalasHapus
  7. saya ingin tau lebih jauh tentang bootstraping terutama aplikasi dan pengerjaan studi kasusnya bis kirim ke email saya kak..
    meilacity1987@yahoo.com
    terima kasih

    BalasHapus
  8. Tolong penjelasan lebih lanjut mengenai bootstrap yaCh...
    Trutama tentang algoritmanya...
    Kirim k emailq,, ilang_adp@yahoo.com
    Thx alot...

    BalasHapus
  9. salam kenal. Saya sedang mendalami metode Bootstrap untuk penelitian yang sedang saya kerjakan, untuk itu mohon kiranya membantu saya untuk mengirimkan mengenai metode bootstrap ke eng.susanto@yahoo.com

    BalasHapus
  10. Bisa minta penjelasan lebih jelas? untuk penjelasan lebih jelasnya sebelumnya saya ucapkan terimakasih. tolong email saya di frostmourne3588@gmail.com

    BalasHapus
  11. Wah menarik sekali tulisan tentang metode bootstrap..
    boleh tolong emailkan ke saya : pink_94@rocketmail.com

    BalasHapus
  12. MOhon maaf tidak saya replay komentarnya...karena berbagai kesibukan.

    BalasHapus
  13. ephica: minta di emailkan tentang bootstrap dunk
    r.ephica@gmail.com makasih...

    BalasHapus
  14. Meine Hände wanderten in ihren Schritt und ich begann Sie zu fummeln.
    Sehr viele meiner Darsteller stellen ihre privat festgehaltenen Filme ins Netz, um gesehen zu werden
    und diesen scharfen Gedanken zu haben, dass sich jemand an diesen geilen Spielchen aufgeilt.
    Schliesslich ist das auch was intimes, privates, daher solltest Du Dir ebenfalls für ein kennenlernen - selbst wenn es auf der live sexcam ist - schon zeit nehmen.


    Ich lade Sie ein zum Besuch meiner Seite live strip gutschein

    BalasHapus